25 Desember 2008

Pengaruh Industri Media Terhadap Industri Hiburan

Media massa sebagai media komunikasi tidak sekedar wahana saling-saling pesan. Media massa juga memiliki perangkat teknologi yang merupakan bagian dari teknologi komunikasi. Dengan demikian, media massa adalah suatu sistem sekaligus juga produk teknologi.

Sebagai suatu system, media massa berinteraksi dengan sistem-sistem sosial, politik, dan ekonomi. Didalam industri sebuah media, media sangat mempunyai pengaruh besar terhadap kehidupan masyarakat. Di dalam perananya media mempunyai berbagai macam peranan yang diemban. Peranan media massa semacam itu yang tampaknya menggejala di kalangan media massa telah menjadikan media massa kehilangan jatidiri yang sesungguhnya.

Media massa sudah tidak lagi mempedulikan fakta yang sebenarnya melainkanbila bila perlu “menciptakan” fakta untuk mendapatkan legimitasi atas keberpihakkan pada mereka yang pragmatis. Media massa sering meninggalkan prinsip keseimbangan sehingga sering kali memlintir apa yang disampaikan. Pada akibatnya media massa mengalami kemerosotan kredibilitas kalau tidak boleh disebut kehilangan kredibilitas.

Industri hiburan yang ada pada saat ini sangat mempengaruhi perkembangan industri media, dengan adanya hiburan maka media massa sering diperhatikan oleh khalayak informasinya. Semakin banyak informasi atau hiburan yang ada dalam media maka semakin meningkatkan penghasilan yang diperoleh para pelaku media tersebut. Penghasilan tersebut diperoleh dari penayangan iklan yang tayang pada tayangan-tayangan hiburan. Sehingga pada tentunya, media sangat bergantung pada keberadaan hiburan. Karena hiburan mempunyai daya tarik yang sangat besar bagi perkembangan media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar