25 Desember 2008

Konsepsi Tentang Hiburan

Televisi sebagai media hiburan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia dan bahkan dunia, merupakan salah satu media yang efektif untuk beriklan. Hal ini dikarenakan iklan televisi mempunyai karakteristik khusus yaitu kombinasigambar, suara dan gerak.

Oleh karena itu pesan yang disampaikan sangat menarik perhatian penonton.model iklan yang disajikan oleh televisi juga sangat bervariasi. Ketika baru muncul televisi swasta, iklan hanya dalam bentuk klip—baik live action, stop action maupun animasi dan still. Namun dalam perkembangannya iklan televise mengalami banyak sekali perkembangan.

Model iklan yang sekarang ada antara lain adalah superimposed, program sponsor, running text, backdrop, caption, credit title, ad lib, property endorsment, promo ad3. Perkembangan iklan yang makin kreatif tersebut menjadikan makin bervariasinya tayangan iklan dan bisa menjadi hiburan tersendiri.

Bagaimana tidak, ada iklan yang bisa membuat kita melebarkan senyum seperti iklan rokok Sampoerna Hijau denagn genk hijaunya dan masih banyak lagi iklan-ilan lain yang menghibur. Namun tidak dipungkiri banyak juga iklan iklan yang menyebalkan..

Hiburan yang ada sekarang ini sudah tidak lagi bersifat informative dan edukatif, tapi malah bersifat membodohi. Baik dari segi bentuk materi maupun isi yang disampaikan. Dari berbagai tayangan hiburan yang ada, semuanya rata-rata berdampak negatif bagi pemirsa yang melihatnya.

Banyak kandungan kekerasan yang terkandung, baik kekerasan verbal maupun non-verbal. Jika an dalam hiburan-hiburan tersebut tidak dibina secara apik, maka hiburan tidak akan membawa dampak positif bagi masyarakat pemirsanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar