25 Desember 2008

INDONESIA PUNYA MASA DEPAN

Indonesia adalah sebuah bangasa yang besar, bangsa yang mempunyai keanekaragaman budaya. Mulai dari sabang sampai merauke, jumlahnya pun sudah ratusan. Namun bagaimana nasib dengan budaya-budaya tersebut? Sungguh tidak terlalu jelas kemana arah budaya itu terpelihara.

Masihkan Negara kita Indonesia mempunyai masa depan jika budaya budaya yang merupakan sebuah elemen paling istimewa dari bangsa kita hilang tergerus oleh globalisasi dan budaya barat, semua itu kembali ke bangsa Indonesia sendiri.

Namun, semua itu tidak akan pernah hilang, karena Indonesia masih mempunyai modal, yaitu rasa nasionalisme yang kuat dan bias diandalkan. Meskipun Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa, budaya dan agama namun masih mempunyai sebuah senjata yang sangat ampuh untuk mempersatukannya. Yaitu Bahasa Indonesia.

Dengan adanya rasa cinta yang kuat terhadap Bahasa Indonesia maka bangsa yang besar ini dapat bersatu melalui komunikasi. Komunikasi yang seimbang dan sejalan akan membentuk rasa solidaritas yang tinggi dan menghilangkan miss-communications yang bisah memecah belah bangsa kita.

Budaya adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan cara manusia hidup. Manusia belajar berpikir, merasa, mempercayai dan mengusahakan apa yang patut menurut budayanya. Bahasa, persahabatan, kebiasaan makan, pratik komunikasi, tindakan-tindakan sosial, kegiatan-kegiatan ekonomi dan politik, dan teknologi, semua itu berdasarkan pola-pola budaya.

Budaya adalah suatu konsep yang membangkitkan minat. Secara formal budaya didefinisikan sebagai tatanan pengetahuan, pengalaman, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, waktu, peranan, hubungan ruang, konsep alam semesta, objek-objek materi dan milik yang diperoleh sekelompok besar orang dari generasi ke generasi melalui usaha individu dan kelompok.

Secara garis besarnya, kebudayaan Indonesia itu mendapat pengaruh dari; (1) unsur kebudayaan asli nusantara, (2) unsur kebudayaan Hindu dan Timur Asia lain, (3) unsure kebudayaan Islam, dan (4) unsur kebudayaan Eropa. Keempat anasir pengaruh itu menampakan wajahnya dalam peradaban Indonesia masa kini, tetapi pengaruh itu tidak sama kuatnya dan tersebar keseluruh bagian bangsa Indonesia.

Ada daerah Indonesia yang pengaruh atau kesan kebudayaan nusantara aslinya menempati pengaruh terkuat, ada daerah Indonesia yang pengaruh kebudayaan Islamnya yang menonjol dan juga ditempat-tempat tertentu kebudayaan Eropanya yang lebih dominan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar